Langkah Praktis Menggali Informasi Tentang Kampus

Setelah membuat daftar prioritas dan preferensi, segera persiapkan diri untuk melakukan riset kampus. Nah, riset ini bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu online dan offline.

Riset kampus online

Berkat internet, urusan kampus kini tidak sesulit dulu saat mahasiswa masih menulis skripsi menggunakan mesin tik. Semua informasi tentang program studi mulai dari daftar mata kuliah, jumlah SKS, hingga biaya studi tersedia di situs resmi masing-masing universitas dan fakultasnya.

Saat ini juga sudah banyak forum tanya jawab mengenai universitas, fakultas, dan program studi s2 murah tertentu di berbagai platform media sosial, yang tentunya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang program studi dan kampus secara keseluruhan.

Atau… mau riset kampus tanpa ribet? Caranya cukup buka direktori kampus di Youthmanual sob! Semua informasi terkait kampus yang Anda butuhkan ada di sana. Anda bahkan dapat membaca ulasan mahasiswa untuk informasi tambahan dari sudut pandang "orang dalam" yang sudah mengetahui kampus tersebut. Apa lagi yang kurang praktis, coba?

Penelitian kampus offline

Menurut beberapa alumni, cara terbaik untuk memastikan bahwa universitas adalah tempat yang tepat bagi Anda adalah dengan mengunjunginya secara langsung sebelum Anda masuk perguruan tinggi.

Ada campus tour yang diadakan secara resmi oleh kampus yang bersangkutan, dan ada juga yang bisa dilakukan sendiri. Jika kampus target Anda tidak memiliki kampus touring, Anda bisa kok “mengunjungi” diri sendiri untuk mengikuti touring. Agar lebih asyik, ajak juga beberapa teman Anda yang berminat, dan minta bantuan satu atau dua mahasiswa kampus bersangkutan untuk membimbing dan memberikan informasi tambahan yang dibutuhkan.

Agar tur kampus mandiri Anda terasa lebih bermanfaat dan tidak sekadar mondar-mandir sambil berfoto selfie cantik, lakukan hal-hal berikut ini.

Jelajahi semua tempat di kampus.

Kunjungan ke kampus ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Untuk mendapatkan gambaran kampus secara utuh, sebaiknya jelajahi semua tempat penting di kampus, seperti ruang kelas, aula, kantin, perpustakaan, bagian akademik dan sekretariat, serta tempat ibadah.

Ajak mahasiswa untuk mengobrol di lingkungan kampus

Coba deh, kamu bisa memberikannya kepada sesama mahasiswa yang sedang bersantai di lingkungan kampus. Soalnya, tidak ada informasi yang paling berharga selain para senior. Tanyakan sebanyak mungkin tentang kampus dan jurusan yang Anda ambil.

Sudut pandang mereka sebagai orang dalam akan membantu Anda memahami dunia perkuliahan dan kampus yang bersangkutan. Mereka pasti welcome jika ada siswa SMA yang berkunjung ke kampus mereka. Pokoknya jangan lupa sopan santun ya guys!

Lihat aktivitas siswa di papan buletin

Di setiap kampus biasanya banyak sekali papan buletin yang dipasang di setiap sudut. Melalui papan buletin, mahasiswa berbagi informasi tentang acara di dalam dan di luar kampus. Dari situ kamu juga bisa mengetahui hal seru apa saja yang terjadi di kampus—mulai dari kegiatan akademik hingga UKM. Informasi tambahan seperti ini berguna bagi Anda dalam memahami kegiatan kampus dan mahasiswanya.

 

Posting Komentar untuk "Langkah Praktis Menggali Informasi Tentang Kampus"