Arti Masyaallah Tabarakallah Yang Perlu Kamu Pahami Dan Pelajari

Arti Masyaallah Tabarakallah Yang Perlu Kamu Pahami Dan Pelajari - Sebagai seorang muslim pasti pernah mendengar kata masya Allah tabarakallah. Salam ini sering digunakan dalam berbagai kesempatan. Mulai dari saat menyaksikan sesuatu yang spesial, saat berdoa, hingga caption Instagram.

Ungkapan ini sering terdengar di telinga atau tertulis di status atau caption orang. Namun, tidak semua memahami arti dan makna sebenarnya dari ucapan ini. Pada kesempatan kali ini mari kita pahami dan kenali lebih dekat mengenai Arti Masyaallah Tabarakallah.

Arti Masya Allah Tabarakallah

Terlepas dari popularitas ucapan ini, tidak banyak orang yang mengerti arti dan arti dari kata-kata ini. Kalaupun bertanya kepada sebagian orang apa arti masya Allah tabarakallah, mungkin banyak yang akan merasa bingung atau ragu. Ini karena banyak orang mempelajari pepatah ini hanya melalui penggunaan sehari-hari tanpa benar-benar memahami arti sebenarnya. Oleh karena itu, mari kita simak arti dari kata-kata tersebut satu per satu.

Masya Allah Artinya

Dalam Al-Quran, makna masya Allah terkandung dalam surat Al-Kahfi ayat 39. Berikut penggalan makna ayat Al-Kahfi ayat 39 yang perlu Kamu ketahui.

“Dan mengapa kamu tidak mengatakan ketika kamu memasuki kebunmu” maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sesungguhnya dengan kehendak Allah semua ini terwujud, tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Jika Kamu pikir saya kurang dari Kamu dalam kekayaan dan garis keturunan."

Secara harfiah, masya Allah berarti “apa yang dikehendaki Allah, maka jadilah”. Kalimat ini menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Tuhan dalam membuat segala sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya. Oleh karena itu, kalimat ini juga merupakan pujian dan doa memohon kuasa Tuhan. Pidato ini menunjukkan rasa kagum terhadap Tuhan dan ciptaannya.

Tabarakallah Artinya

Tabarakallah memiliki makna yang kurang lebih mirip dengan Masya Allah. Keduanya sama-sama menunjukkan kekaguman dan pujian. Namun, penggunaan keduanya berbeda. Kamu tidak dapat menggunakan kedua kalimat tersebut secara bergantian. Tabarakallah secara khusus digunakan untuk menyatakan kekaguman terhadap makhluk Tuhan seperti manusia, hewan, tumbuhan, atau keindahan ciptaan Tuhan lainnya.

Dalam Al-Qur'an, tabarakallah artinya Yang Maha Suci, Maha Tinggi, dan Maha Suci. Maka jika kalimat ini disandingkan dengan kalimat Masya Allah yaitu masya Allah tabarakallah maka akan menjadi kalimat pujian yang lengkap kepada Allah SWT. Masya Allah yang berarti kekuatan kehendak Allah dan diikuti dengan tabarakallah yang berarti memuji kekuatan Allah. Makna kalimat ini juga merupakan bentuk pujian dan doa yang lengkap untuk kebesaran Allah.

Balasan Masya Allah Tabarakallah

Sekarang Kamu sudah mengerti arti dan penggunaan kata masyaallah tabarakallah. Tapi apakah Kamu tahu bagaimana membalas atau menjawab kalimat ini? Sebagai seorang muslim yang baik, ketika mendengar kalimat pujian kepada Allah SWT ini, hendaknya Kamu membalasnya dengan "wafika barakallah" yang artinya "semoga Allah juga memberkati Kamu".

Pidato ini memberikan doa bagi pembicara kalimat, agar orang tersebut juga diberkati. Selain balasan di atas, Kamu juga bisa menjawab dengan "Jazakallah khair" atau "Barakallah fii". Kedua ucapan tersebut juga memiliki makna puji-pujian kepada Allah SWT sehingga cocok diungkapkan ketika mendengar kalimat-kalimat tersebut.

Manfaat Mengucapkan Masya Allah Tabarakallah

Sepintas, kalimat ini mungkin terdengar seperti kekaguman belaka. Namun makna dari pepatah ini sangat dalam. Karenanya juga, ada banyak manfaat dari mengucapkan kalimat ini. Salah satunya dan yang terpenting, kalimat ini menjadi doa yang mendekatkan kita kepada Allah SWT. Selain itu, pepatah ini juga mengingatkan kita bahwa semua keindahan yang kita jumpai di dunia ini adalah milik Allah.

Oleh karena itu, kita akan jauh dari rasa dengki dan dengki saat melihat keindahan yang ada pada diri orang lain. Sebaliknya, kita mensyukurinya sebagai bentuk kekuasaan Allah SWT. Konsekuensi dari menyadari bahwa keindahan di dunia adalah kehendak Tuhan, adalah memahami bahwa keindahan inipun dapat diambil kembali oleh Allah.

Demikian ulasan tentang Arti Masyaallah Tabarakallah Yang Perlu Kamu Pahami Dan Pelajari. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Arti Masyaallah Tabarakallah Yang Perlu Kamu Pahami Dan Pelajari"

Anonim 1 Juli 2023 pukul 12.09 Hapus Komentar
Anda bingun untuk mendapatkan rangking website Anda. Segera kunjungi dan konsultasikan bersama Backlink TErpercaya