Rabu, 23 Desember 2020

Atasi Masalah Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri dengan Transfer Valas

Atasi Masalah Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri dengan Transfer Valas



Belajar di luar negeri bukanlah perkara mudah yang bisa dianggap remeh. Sejumlah persiapan harus dilakukan, baik akademik maupun non akademik. Misalnya calon mahasiswa yang berangkat kuliah ke luar negeri harus memiliki kemampuan dalam mengelola keuangannya dengan baik, sehingga selama masa studi yang akan mereka lakukan tidak akan kehabisan dana karena pengeluaran yang tidak perlu.

Mungkin kalau kamu kuliah di Indonesia bisa dengan mudah mengatasi kekurangan dana dengan pulang ke rumah. Namun, jika kamu berada di luar negeri, tentu hal itu sulit untuk dilakukan. Walaupun kamu bisa meminta tambahan uang dari orang tua menggunakan transfer valas (Valuta asing), namun tidak enak juga kan terus-menerus mengandalkan orang tua untuk membiayai keegoisanmu dalam memilih kuliah di luar negeri. Oleh sebab itulah, kamu harus mengelola keuangan dengan benar.

Tips Mengatasi Masalah Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri

Memilih kuliah di luar negeri memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan dengan baik. Salah satunya adalah masalah keuangan. Mengoptimalkan dana yang kamu miliki adalah kunci utama dalam masalah mengelola keuangan saat kuliah di luar negeri.Mata uang yang berbeda, sistem perbankan yang tidak sama, dan juga nilai tukar yang berbeda tentunya harus kamu pelajari untuk mengatasi masalah keuangan yang nantinya bisa terjadi. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk kelola keuangan saat kuliah di luar negeri.

1. Buat Rencana Anggaran

Pertama, kamu perlu memetakan pengeluaran-pengeluaran besar seperti akomodasi, transportasi, dan tunjangan. Untuk mencari tempat tinggal usahakan untuk mencari tempat tinggal yang tidak terlalu mahal dan memiliki akses yang mudah menuju berbagai fasilitas umum. Tips sederhana sedapat mungkin carilah tempat tinggal yang hanya satu angkutan umum ke kampus.

Rencanakan juga biaya transportasi dan kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi. Misalnya, untuk ke kampus kamu perlu naik kereta listrik sekali dalam sehari, jadi perjalanan pulang pergi dua kali lipat biaya transportasi. Makanannya hampir sama, sesuaikan waktu makan agar benar-benar efektif dan tidak berdampak pada kesehatan.

2. Pantau Nilai Tukar

Salah satu tips mengelola keuangan yang harus kamu lakukan selama tinggal di luar negeri adalah memantau nilai tukar. Ini penting karena ada kalanya kamu harus menukar uang. Kebanyakan orang menukar uang saat mereka membutuhkannya. Tetapi kamu harus mengubahnya kebiasan tersebut. Usahakan untuk uang saat nilai tukar dalam kondisi terbaik. Kamu bisa menggunakan internet untuk memantau nilai tukar.

3. Mencari Kerja Sampingan

Wajar jika mencari pekerjaan tambahan bagi mahasiswa asing yang berada di luar negeri. Bukan hanya karena banyaknya lowongan pekerjaan, tapi juga karena gaji yang diberikan juga lumayan bagus. Berbeda dengan di Indonesia, gaji yang dibayarkan di luar negeri dihitung per jam, sehingga kamu bisa mendapatkan dana tambahan yang besar.

Namun, hal yang harus kamu memastikan adalah pekerjaan yang kamu lakukan tidak boleh mengganggu waktu kuliah. Pekerjaan-pekerjaan ini hanya bersifat pekerjaan sampingan jadi kamu tetap perlu memprioritaskan proses belajar yang menjadi fokus utama selama di luar negeri.

Selain untuk mengatasi masalah keuangan, bekerja paruh waktu juga bisa digunakan untuk tabungan jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan biaya untuk pulang ke Indonesia. Bahkan kamu juga bisa membantu keuangan keluarga dengan mengirimkan sejumlah uang dari hasil kerja paruh waktu untuk membiayai keluarga yang ada di Indonesia. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan digibank by DBS yang bisa melakukan transfer valuta asing ke berbagai negara.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi digibankby DBS?

Jika ditanya kenapa harus menggunakan program transfer valas dari digibankby DBS. Sudah pasti karena ada beberapa keunggulan yang bisa kamu terima. Berikut beberapa keunggulannya :

1. Akses 24 Jam

Dengan menggunakan Aplikasi digibankby DBS, kamu bisa melakukan transfer valuta asing dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang DBS Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transfer kapan saja tanpa terhalang jam kerja. Dengan begitu kirim uang ke luar negeri akan jauh lebih mudah.

2. Gratis Biaya Transfer

Keunggulan yang berikutnya adalah tidak adanya biaya administrasi saat kamu melakukan transfer valas ke lebih dari 20 negara tujuan dengan 7 mata uang yaitu USD, SGD, EUR, AUD, HKD, CAD, dan GBP.

3. Fx Rate Terkini dan Kompetitif

Keunggulan lain adalah nilai tukar yang digunakan oleh digibankby DBS selalu diperbarui mengikuti kurs nilai tukar yang terbaru dan sangat kompetitif, dengan begitu transfer akan lebih ringan.

4. Sampai di Hari yang Sama

Uang yang kamu transfer akan tiba ke rekening tujuan pada hari yang sama saat kamu melakukan transfer. Tentunya, kamu harus mengetahui batas waktu yang sudah ditentukan oleh digibankby DBS.

Langkah mudah untuk melakukan transfer valas di Aplikasi digibankby DBS :

-          Buka Aplikasi digibankby DBS

-          Login menggunakan akun digibank kamu

-          Pilih menu transfer pada beranda lalu klik Transfer valas

-          Klik tambah penerima setelah itu ikuti langkah berikutnya

-          Pilih Negara yang dituju, misalkan Singapore

-          Pilih mata uang

-          Pilih bank yang akan dituju lalu masukan detail penerima

-          Masukan jumlah yang akan dikirim.

-          Lalu klik lanjut dan selesaikan transaksi kamu.

Seperti itulah tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah keuangan saat kuliah di luar negeri. Dengan menerapkan tips di atas, bisa dipastikan masalah keuangan akan mudah teratasi. Selain itu, untuk mempermudah transaksi transfer valas yang sering kamu lakukan menggunakan Aplikasi digibankby DBS dengan segala keunggulan yang ada bisa kamu jadikan alternatif untuk melakukan transaksi valuta asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar